Mengenal Keanggunan Arsitektur Venetian GothicVenetian gothic merupakan istilah untuk gaya arsitektur yang mengkombinasikan penggunaan lengkungan gothic dengan pengaruh arsitektur bizantium dan gaya moor. Gaya ini berasal dari abad ke 14 di Venesia dimana gaya ini mendapat pengaruh gaya bizantium dari konstantinopel dan pengaruh arab dari kaum moor spanyol.

Salah satu arsitektur utama yang mewakili gaya ini adalah Doge Palace dan Ca’d’oro di Venesia. Pada abad ke 19 hasil karya dari John Ruskin dan yang lainnya terpengaruh akan gaya tersebut sebagai bagian dari kebangkitan gaya gothic di arsitektur victoria.

Arsitektur Venetian Gothic

Arsitektur Venetian Gothic

Periode gothic sendiri muncul di Venesia pada saat kaum kelas atas mendanai pembangunan gereja baru begitupula rumah mewah untuk mereka sendiri. Pada saat yang bersamaan kaum biarawan mulai membawa gaya gothic ke gereja venesia dari Italia. Salah satu bangunan yang merefleksikan gaya ini adalah Santi Giovanni e Paolo dan Santa Maria Gloriosa dei Frari.

Terpengaruh oleh Doge Palace, para pencipta gaya baru ini menggabungkan gaya gothic, bizantium dan juga tema oriental untuk menghasilkan pendekatan yang unik terhadap arsitektur. Gaya venetian gothic ini mengalami masa kejayaan di abad ke 15. Hal yang unik dari arsitektur venetian-gothic ini adalah penekanannya pada struktur yang ringan dan juga anggun.

Pada saat kota-kota di Eropa lainnya yang membangun bangunan terkesan berat namun Venesia selalu menganggap bahwa setiap sudut kota amatlah berharga dikarenakan kanal yang mengairi kota tersebut. Untuk itu gaya venetian gothic ini lebih mengedepankan pada konsep bangunan yang ringan dan cantik.

Salah satu aspek penting dari gaya venetian gothic ini adalah proporsi dari central hall-nya. Hall ini juga dikenal dengan nama portego yang berkembang menjadi sebuah lorong panjang dan dihiasi dengan lengkungan gaya gothic.

Doge Palace yang merupakan khas bangunan venetian gothic merupakan bangunan mewah yang didekorasi dengan gaya gothic, moor serta renaissance. Pada abad ke 14 istana tersebut pernah mengalami dua kali peristiwa kebakaran dan dibangun kembali dengan mengadopsi unsur gothic. Salah satu bangunan yang mewakili venetian gothic adalah gereja Santa Maria dei Frari yang dibangun di tahun 1400 dan dibangun kembali dengan gaya gothic di abad ke 15.

(Visited 428 times, 1 visits today)

Related Post

Memberi Kesan Luas Pada Ruangan Mungil
views 1.282
Memberi Kesan Luas Pada Ruangan Mungil - Tidak semua orang bisa memiliki rumah besar. Namun dengan rumah mungi...
Desain Skylight Solusi Ruang Terang Alami
views 3.577
Desain Skylight Solusi Ruang Terang Alami - Salah satu permasalahan yang banyak ditemui pada interior sebuah r...
Hadirkan Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah
views 534
Hadirkan Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah - Rumah merupakan tempat kita berteduh dan lepas dari segala kepenatan...
6 Tips Untuk Desain Balkon Yang Cozy
views 203
6 Tips Untuk Desain Balkon Yang Cozy - Tinggal di apartemen identik dengan suasana yang membosankan, serba ter...
Memanfaatkan Furnitur Bekas Untuk Dekorasi Taman
views 273
Memanfaatkan Furnitur Bekas Untuk Dekorasi Taman - Kehadiran taman dalam rumah mampu memberikan ambience berbe...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!