Bambu Laminasi, Bahan Bangunan Alternatif Pengganti Kayu – Ketersediaan kayu sebagai salah satu bahan bangunan beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Selain itu, harga material kayu di pasaran juga terus meningkat, karena ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan bahan. Hal ini dipicu semakin menyempitnya hutan-hutan produksi di Indonesia, karena pembalakan liar dan kebakaran hutan.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, saat ini diperlukan usaha melakukan reboisasi untuk mempertahankan keanekaragaman hayati. Akan tetapi, reboisasi memerlukan waktu yang sangat lama sedangkan kebutuhan bahan bangunan dari kayu semakin meningkat. Ini juga mengakibatkan menurunnya kualitas bahan bangunan kayu yang dihasilkan.

Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, saat ini sedang marak dikembangan teknologi bahan alternatif pengganti kayu. Salah satu bahan yang dapat dijadikan alternatif pengganti adalah bambu. Bambu laminasi mempunyai beberapa keunggulan unggulan dibanding kayu sebagai bahan bangunan. Sebagai gambaran, kayu memerlukan waktu kurang lebih 30-40 tahun untuk bisa layak olah menjadi material bangunan. Sementara bambu hanya memerlukan tiga sampai lima tahun.

bambu laminasi, Bahan Bangunan Alternatif Pengganti Kayu

bambu laminasi, Bahan Bangunan Alternatif Pengganti Kayu

Di sisi lain, Indonesia sebagai negara tropis memiliki sumber daya bambu yang melimpah.  Bambu juga sudah dikenal oleh masyarakat sebagai bahan bangunan sejak dulu. Tanaman rumpun bambu dapat ditemui di pedesaan, bahkan sebagian besar masyarakat desa mempunyai rumpun bambu di pekarangannya. Oleh karena itu, sumber daya tersebut layak untuk ditingkatkan pemanfaatannya, agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Teknologi bambu-laminasi, sebuah teknologi yang mampu menghasilkan bambu sebagai material bangunan setara kayu dengan nilai jual tinggi. Teknologi ini semacam kayu lapis, yang terinspirasi oleh balok glulam (glue laminate) yang dibuat dari lapisan-lapisan kayu yang relatif tipis, sehingga dapat digabungkan dan direkatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan balok kayu dalam berbagai ukuran dan panjang. Dari sinilah orang mulai mencoba mengaplikasikan teknologi tersebut pada bambu.

Menurut Bamboo Information Center bambu laminasi memiliki kekuatan terhadap abrasi dan momen lentur yang lebih tinggi dibanding kayu. Ketahanan lantai bambu laminasi terhadap abrasi 130 persen dibanding Kayu Kempas atau sekitar 5 kali ketahanan Kayu Karet. Faktor kekuatannya itulah yang membuat bambu lapis layak sebagai bahan bangunan alternatif pengganti kayu.

bambu laminasi, Bahan Bangunan Alternatif Pengganti Kayu

bambu laminasi, Bahan Bangunan Alternatif Pengganti Kayu

Sementara itu, menurut Prof. Dr. Ir. Morisco, Kepala Laboratorium Teknik Struktur dari Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada, secara garis besar beberapa keuntungan laminasi bambu antara lain;

  1. Teknologi laminasi dapat mencegah retak atau pecah akibat pengeringan, karena teknologi ini terdiri dari lembaran-lembaran tipis yang lebih mudah proses pengeringannya.
  2. Produk laminasi yang berlapis-lapis memungkinkan bambu dengan tekstur kualitas yang kurang baik tetap bisa dimanfaatkan dengan disisipkan dibagian luar atau bagian belakang, seperti halnya pada kayu lapis.
  3. Teknologi laminasi memungkinkan pembuatan struktur bangunan berukuran besar yang lebih stabil, karena seluruh komponen atau lembaran yang digunakan telah melalui proses pengeringan sebelum dibentuk.
  4. Arah serat pada laminasi dapat dipasang bersilangan untuk mengurangi nilai kembang surut.

Dengan perkembangan teknologi laminasi bambu, bisa dijadikan berbagai bahan bangunan, seperti dinding, penutup lantai, daun pintu serta furniture. Sementara itu, balok dapat dipakai sebagai komponen konstruksi bangunan, kusen, dan lain-lain.  Papan laminasi ini memiliki serat khas bambu yang indah dan natural sehingga tak kalah saing dengan kayu.

(Visited 1,189 times, 1 visits today)

Related Post

Percantik Eksterior Dengan Bay Window
views 260
Percantik Eksterior Dengan Bay Window  - Bay window atau yang biasa dinamakan jendela teluk merupakan jendela ...
5 Tips Sebelum Menyiapkan Kamar Bayi
views 99
5 Tips Sebelum Menyiapkan Kamar Bayi - Kedatangan seorang bayi adalah saat yang ditunggu – tunggu oleh setiap ...
Pemilihan Material dan Pelapis Kitchen Set
views 837
Pemilihan Material dan Pelapis Kitchen Set 1. Kabinet. Dahulu, material kabinet pada kitchen set didominasi ...
Gaya Bohemian di Rumah Moderen Kontemporer
views 114
Gaya Bohemian di Rumah Moderen Kontemporer - Cleveland Park Nashville timur merupakan salah satu wilayah pemuk...
Memilih Jenis Genteng Rumah Yang Cocok Untuk Atap
views 424
Memilih Jenis Genteng Rumah Yang Cocok Untuk Atap - Unsur terpenting dalam membangun sebuah tempat tinggal ada...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!