Recommend on Google

Categories

Bata Ekspos Menjadi Desain Yang Menarik Untuk Dinding Rumah

Rumahuni.com – Selain batu alam, Bata Ekspos adalah salah satu pilihan desain untuk dinding rumah nan alami. Bata ekspos sebetulnya bukan termasuk desain terbaru untuk interior atau eksterior rumah seperti artikel terdahulu mengenai batu alam . Sekitar tahun 1990an bata ekspos sudah banyak digunakan pada rumah zaman tersebut. Dengan tujuan menghemat biaya pembangunan rumah dengan tidak meggunakan cat dinding, banyak pasir dan semen, dan tidak perlu melakukan plester pada dinding sebelum dicat. Selain dengan tujuan tersebut, bata ekspos memang membuat rumah menjadi lebih alami dengan tampilan dan warna asli dari batu bata tersebut yaitu merah kecokelatan.

Bata Ekspos Menjadi Desain Yang Menarik Untuk Dinding Rumah

 Itulah yang membuat desain bata ekspos tidak terkubur oleh perkembangan desain modern saat ini, karena nilai natural tidak akan pernah mati dan akan terus menghiasi dan bersahabat dengan desain ataupun dekorasi sebuah kemajuan arsitektur.

Bata ekspos memang digunakan untuk dinding rumah. Baik untuk dinding dalam ataupun luar rumah. Pada umumnya bata ekspos hanya digunakan di bagian dinding ruangan tertentu seperti ruang keluarga dan teras rumah. Namun tak salah bila seluruh bagian dinding rumah menggunakan bata ekspos, tentu dengan perencanaan dan pemikiran yang matang.

Bata Ekspos Menjadi Desain Yang Menarik Untuk Dinding Rumah

Jenis batu bata yang digunakan bukanlah batu bata biasa yang digunakan untuk dinding pada umumnya, melainkan batu bata khusus untuk bata seperti bata press yang memiliki pori pori lebih kecil, warna yang cantik serta bentuk lebih padat, lebih persisi dan lebih kuat dari bata biasa. Memasang bata ekspos hampir sama pegerjaannya dengan memasang batu alam untuk dinding. Harus dengan ketelitian untuk menyusun bata demi bata agar terlihat rapi karena susunan bata akan terlihat jelas untuk tampilan dinding. Kerapian dalam menyusun bata adalah nilai utama dalam desain ini. Setelah bata terpasang rapi, jangan lupa untuk melakukan proses coating atau memberi lapisan untuk pelindung bata agar tidak mudah berjamur atau lembab. Selain untuk menghindari dua hal tersebut, proses coating juga mempengaruhi terhadap tampilan dinding, dinding akan terlihat mengkilap dan licin sehingga menjadikannya lebih elegan, eksotis, dan tidak berantakan.

 Untuk warna, karena bata ekspos sudah mempunya warna alami, maka tidak perlu menambahkan cat dinding jika anda ingin lebih merasakan kesan alami dan eksotis dari dinding. Namun jika bosan dengan warna asli bata ekspos dan merasa warna terlalu gelap untuk ruangan, bisa juga memberi cat dinding putih pada bata ekspos tersebut.

 Sangat menarik bukan untuk menerapkan bata ekspos pada dinding rumah anda?