Hal yang Perlu Diketahui dalam Merancang Ruang Bawah Atap – Dalam tiga artikel berturut-turut, redaksi akan coba menyajikan ulasan tentang ruang bawah atap. Semoga, apa yang kita tulis bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pembaca. Bahasan pertama yang akan sajikan adalah tentang apa saja yang perlu diperhatikan jika kita ingin menghadirkan ruang bawah atap, di rumah kita.

Sebagaimana wilayah Indonesia yang berada di daerah tropis, kebanyakan rumah-rumah tropis adalah memiliki atap yang berbentuk miring. Kemiringan atap inilah yang akhirnya menghadirkan ruangan di bawahnya. Luasan ruangan di bawah atap bisa beragam, tergantung kemiringan rancangan atap. Nah, untuk menghadirkan ruang di bawah atap, atau yang kita kenal sebagai loteng, ada beberapa detail yang perlu kita perhatikan.

Bentuk Atap yang Cocok

Bentuk rumah yang paling cocok dimanfaatkan untuk ruangan adalah rumah dengan atap berbentuk pelana. Ini disebabkan karena rangka atap pelana hanya terdiri dari kuda-kuda yang diletakkan di ujung-ujung dinding. Hal ini menjadikan ruangan yang tersisa di bawah atap berukuran cukup besar. Sementara bentuk atap limasan mempunyai rangka atap yang lebih rumit sehingga ruangan di bawahnya tidak terlalu luas. Bentuk atap limasan hanya cocok digunakan sebagai gudang, kecuali atap limasan yang mempunyai bentang lebih dari 12 meter.

Merancang Ruang Bawah Atap

Bentuk atap yang cocok untuk merancang ruang bawah atap

Material Kuda-kuda dan Ketinggian Atap

Atap dengan kuda-kuda kayu atau beton yang mempunyai jarak 3 – 4 m, cukup leluasa jika dimanfaatkan sebagai ruangan. Berbeda dengan atap yang terbuat dari rangka baja ringan yang memiliki kuda-kuda berjarak rapat, yaitu 1 – 1,5 m sehingga sulit dimanfaatkan untuk sebuah ruangan. Tinggi minimal yang dianjurkan adalah 2,4 m yang dihitung dari titik atas plafon hingga titik bawah rangka atap.

Rangka kayu dengan ketinggian atap yang tepat

Rangka kayu dengan ketinggian atap yang tepat

Pemasangan Material Pendukung

Untuk menjadikan ruang bawah atap sebuah ruang, perli didukung adanya lantai. Pilih material lantai yang ringan untuk digunakan sebagai lantai loteng, misal lanta. Kerentanan material ini terhadap rayap, mengharuskan kita terlebih dahulu memasang anti-rayap dan coating, untuk menutupi permukaannya. Selain lantai, letak loteng yang berada langsung di bawah pelapis atap, memerlukan pemasangan insulasi tambahan untuk mengurangi panas. Untuk insulasi panas, Anda dapat memasang aluminioum foil, glasswoll, atau polyurethane, tepat di bawah lapisan reng dan genting (pelapis atap).

Salah satu ide penggunaan ruang bawah atap.

Salah satu ide penggunaan merancang ruang bawah atap.

Sirkulasi udara

Sebagaimana dijelaskan di atas, ruang bawah atap memiliki suhu ruang yang lebih panas ketimbang ruang di bawahnya. Sinar matahari yang mengenai genteng akan sangat terasa. Untuk itu ruang bawah atap harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dengan membuat lubang ventilasi pada kedua sisi atap. Ventilasi ini akan membantu mengurangi hawa panas di ruang bawah atap, karena masuknya udara luar yang lebih dingin. Pengaturan sirkulasi udara juga bisa dibantu dengan penambahan alat berupa exhaust yang dipasang pada dinding ruang. Hanya saja, ada komponen biaya listrik yang harus kita bebankan. Bisa juga dengan exhaust yang dipasang pada atap rumah. Bentuknya mirip cerobong yang sering kita jumpai di pabrik. Exhaust atap ini akan mengeluarkan udara di bawah atap. Kipas di bagian kepalanya akan berputar oleh angin, tanpa penggerak listrik, sehingga menarik udara di bawah untuk dikeluarkan.

Exhaust dan ventilasi ruang bawah atap

Exhaust dan ventilasi ruang bawah atap

Akses Menuju Ruang Bawah Atap

Agar tidak mengganggu sirkulasi ruang di bawahnya, maka letak tangga sebagai akses ke ruang di bawah atap juga harus diperhitungkan dengan baik. Anda bisa menggunakan jenis apa saja untuk model dan materialnya. Perlu diperhatikan juga segi keamanan dan kekuatan struktur tangga tersebut, sehingga tidak membahayakan bagi penghuninya. Itu lah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita merancang ruang bawah-atap. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

(Visited 2,034 times, 1 visits today)

Related Post

Anggunnya Rumah Bergaya Mediteranian
views 115
Anggunnya Rumah Bergaya Mediteranian - Gaya mediteranian yang banyak dipakai pada desain interior vila dan rum...
Sejuknya Air Terjun Buatan Di Dalam Rumah
views 5.573
Sejuknya Air Terjun Buatan Di Dalam Rumah - Membuat suasana rumah menjadi asri memang banyak sekali caranya. S...
Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang
views 1.045
Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang - Apa yang biasanya terbersit di pikiran anda saat hendak merenca...
Kreatif Memanfaatkan Area Bawah Tangga Untuk Taman
views 2.207
Kreatif Memanfaatkan Area Bawah Tangga Untuk Taman  - Area bawah tangga seringkali membuat anda bingung mengen...
The Silk Art and Design Hotel Bandung, Hotel Berde...
views 26
The Silk Art and Design Hotel Bandung - Seakan menjawab citra Bandung sebagai destinasi liburan lokal favorit,...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!