Hadirkan Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah – Rumah merupakan tempat kita berteduh dan lepas dari segala kepenatan. Rumah akan terasa amat nyaman jika unsur-unsur alami ikut terlibat di dalamnya. Banyak cara untuk menghadirkan unsur alam kedalam rumah. Kehadiran unsur-unsur alam ke dalam hunian menghadirkan atmosfer yang segar dan energi positif.

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Bukaan adalah Kunci Utama

Ruang yang terbatas bukan halangan untuk menghadirkan unsur-unsur alam kedalam ruang. Anda bisa menghadirkan bukaan yang lebar-lebar untuk memasukkan unsur-unsur alam. Pastikan jika ruangan memiliki bukaan dalam hal ini adalah jendela dan lubang angin yang mencukupi hingga sirkulasi udara mengalir dan cahaya matahari berlimpah.

Kehadiran dua unsur alam ini tentunya akan membuat ruang terasa lebih dekat dengan alam. Jendela yang besar-besar akan membuat suasana dalam ruang terasa alami dan ini akan membuat rumah terasa hidup.

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Pilih Material Alami

Material-material alami amatlah berperan dalam menghadirkan design rumah yang alami. Material seperti kayu, bambu dan bata membuat suasana terasa alami dan tentunya material tersebut harus dihadirkan sealami mungkin.

Tak hanya pada elemen pembentuk ruang seperti halnya dinding, lantai dan langit-langit. Tak hanya itu material furniture pengisi ruang juga sebaiknya disesuaikan sehingga dihasilkan tatanan yang serasi dan nuansa alam yang ingin ditampilkan juga terasa lebih kuat.

Gunakan Warna Natural

Penggunaan tone warna natural seperti nuansa coklat, hijau biru atau abu-abu akan mendukung terciptanya unsur alami dalam ruang. Agar tak terkesan terlalu monoton aksen warna cerah seperti merah dan oranye bisa ditambahkan asal jangan terlalu berlebihan.

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Unsur-Unsur Alam Kedalam Rumah

Masukkan Unsur Air

Tak bisa disangkal lagi jika unsur air merupakan satu hal mutlak agar ruang terasa begitu alami. Anda bisa menghadirkan air terjun mini di sudut belakang rumah. Sebuah water fountain yang cantik dengan ragam water sculpture juga membuat suasana begitu nyaman. Suara gemericik air akan makin memperkuat nuansa alam

Penyempurnaan Detail

Jika ruangan sudah terasa alami maka anda tinggal menyempurnakan detailnya saja. Anda bisa memasukkan tanaman hias ke dalam ruang sebagai penyejuk ruang yang kaku. Anda bisa menghadirkan wallcover dengan nuansa alami agar unsur alam makin kental.

Anda juga bisa menghadirkan pembatas ruang yang terbuat dari bambu, rak bata merah atau meja kayu alami yang membuat suasana alam semakin bisa dirasakan.

Pilih Dekorasi Ruang Alami

Langkah terakhir adalah dengan memilih dekorasi ruang yang tepat. Sebaiknya gunakan dekorasi bertemakan alam seperti misalnya  lukisan atau foto yang mengabadikan keindahan alam. Anda juga bisa mewadahi batu-batuan kerang dan sejenisnya ke dalam mangkok atau vas bening.

(Visited 943 times, 1 visits today)

Related Post

Nuansa Moderen Pada Laundry Room
views 57
Nuansa Moderen Pada Laundry Room - Kehidupan masyarakat urban saat ini sudah sangat berkembang dengan tren dan...
Mengenal Hard Material Pada Taman
views 342
Mengenal Hard Material Pada Taman - Pernahkah anda melihat desain sebuah taman yang indah dan kemudian bertany...
Memilih Desain Carport Untuk Rumah Anda
views 595
Memilih Desain Carport Untuk Rumah Anda - Carport selain berfungsi sebagai tempat meletakkan kendaraan dirumah...
Kamar tidur | Hadirkan Suasana Honeymoon di Master...
views 670
Kamar tidur | Hadirkan Suasana Honeymoon di Master Bedroom - Honeymoon / kamar tidur merupakan salah satu bagi...
Kiat Mengubah Ruang Kerja Membosankan
views 24
Kiat Mengubah Ruang Kerja Membosankan - Bekerja dari rumah merupakan salah satu keuntungan tersendiri untuk se...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!