Jenis / Tipe Pencahayaan Interior Rumah Anda – Dasar pencahayaan interior diawali dengan pengenalan adanya jenis pencahayaan berdasarkan caranya menerangi suatu object, dan perlu diketahui juga berbagai model arah cahaya dari sumber cahaya menuju object. ada tiga tipe pencahayaan yaitu pencahayaan langsung, pencahayaan tidak langsung dan pencahayaan semi-langsung. rumahuni akan akan coba menguraikan lebih detail dasar – dasar pencahayaan interior tersebut diatas.

Pencahayaan Langsung (Direct Lighting)

Sesuai dengan namanya, pencahayaan ini memanfaatkan pancaran cahaya yang langsung mengenai objec t tanpa penghalang. Pencahayaan ini banyak digunakan oleh masyarakan luas karena pemasangan dan perawatannya tergolong mudah, keunggulannya terlihat dari efektivitas cahaya sehingga tidak ada energi yang terbuang. Pancaran cahaya seperti ini cocok sebagai aksen pada ruangan, misalnya spot light atau down light, dengan sorotan cahayanya yang tajam.

Penerapan Pencahayaan Interior secara Langsung

Penerapan Pencahayaan Interior secara Langsung

Pencahayaan langsung bisa menghasilkan efek bayangan yang kuat sehingga sangat pas digunakan untuk tujuan dekoratif, meskipun unggul dari sisi teknis dan perawatan, pencahayaan jenis ini kurang baik untuk dimanfaatkan sebagai general lighting. Efek buruknya terasa silau dan pancaran panas yang mengganggu kenyamanan pengguna, selain itu sebaran cahaya yang lurus ke bawah menyebabkan bagian atas ruangan (plafon) terlihat gelap dam kusam.

Pencahayaan Tidak Langsung (Indirect Lighting)

Untuk pencahayaan interior jenis ini, cahaya yang dihasilkan sumbernya dipantulkan pada suatu bidang dan dibiaskan ke arah yang berlawanan. Sebagai contoh pada pencahayaan alami, cahaya matahari bisa dipantulkan pada bidang masif, seperti dinding dan semacamnya, sementara pada pencahayaan artifisial, cahaya lampu bisa disorotkan keatas untuk menghasilkan pantulan cahaya kebawah.

Penerapan Pencahayaan Interior tidak Langsung (indirect lighting)

Penerapan Pencahayaan Interior tidak Langsung

Kelebihan tipe ini menciptakan pencahayaan yang halus dan ringan, tidak silau serta tidak mengganggu kondisi fisik langit – langit karena pemasangannya yang terpisah (untuk menghindari noda hangus akibat panas dari lampu) sehinga cocok untuk ruangan yang memiliki langit – langit dengan cat dekoratif. Tipe pencahayaan ini cocok diterapkan untuk general lighting karena sebaran cahayanya lebih lembut dan merata sehingga mampu memberikan penerangan yang cukup tanpa memunculkan silau atau bayangan belebihan.

Dan kelemahan pada tipe ini ada pada efisiensi energi, cahaya yang dimanfaatkan sebagai sumber penerangan merupakan hasil pemantulan pada bidang yang tidak licin, oleh karena itu banyaknya cahaya yang dipantulkan tidak mencapai 100% dari apa yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Hal ini lah yang membuat energi yang dikeluarkan menjadi sedikit lebih boros dibandingkan dengan direct lighting.

Pencahayaan Semilangsung

Dalam pencahayaan interior jenis ini, merupakan perpaduan antara langsung dan tak langsung, salah satu sistemnya antara lain dengan memancarkan sebagian cahaya secara langsung kebawah dan sebagian cahaya lainnya dipantulkan ke atas.

Penerapan pencahayaan langsung dan tak langsung

Penerapan pencahayaan langsung dan tak langsung

Dalam pemanfaatan cahaya alami berarti ada sebagian cahaya yang sengaja dipantulkan menggunakan reflektor dan selebihnya dibiarkan masuk ruangan secara alami. Banyak cahaya yang diteruskan dan dipantulkan bisa bervariasi dengan perbandingan antara 40%-60%, 60%-40%, 50%-50% dan seterusnya, menurut Francis D.K Ching dalam bukunya berjudul Ilustrasi Desain Interior, perbandingan terbaik adalah 40% cahaya langsung dan 60% cahaya tidak langsung.

(Visited 909 times, 1 visits today)

Related Post

Lima Langkah Berkreasi Dengan Bay Window
views 204
Lima Langkah Berkreasi Dengan Bay Window - Kehadiran bay window biasanya populer untuk rumah-rumah dengan laha...
Menyatu Dengan Alam Pada Garden House
views 70
Menyatu Dengan Alam Pada Garden House - Ditengah kebisingan dan sumpeknya daerah perkotaan banyak orang yang m...
Konsep Open Space di Rumah Minimalis 7×11
views 4.143
Konsep Open Space di Rumah Minimalis 7x11 - Cluster Bali residences yang menawarkan desain rumah minimalis den...
Foyer Simpel yang cantik
views 629
Foyer Simpel yang cantik - Kenapa harus pusing mau bikin foyer rumah ? Tak perlu area yang luas atau perabot m...
Menikmati Keutuhan Taman Dengan Outdoor Sitting Ar...
views 220
Menikmati Keutuhan Taman Dengan Outdoor Sitting Area  - Sebuah taman akan makin indah keberadaannya jika bisa ...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!