Rumahuni.com – Rumah bergaya kolonial merupakan salah satu gaya rumah terpopuler di Amerika Serikat. Rumah gaya kolonial sendiri terinspirasi dari rumah gaya eropa di awal tahun 1600. Banyak kaum kolonial yang berimigrasi dari Eropa dan membawa pengaruh gaya tersebut. Selama beberapa abad rumah gaya kolonial masih tetap diminati dan mudah dikenali dengan bentuknya yang geometris dan terkenal tahan terhadap cuaca.

Rumah gaya kolonial sendiri mulai berkembang di zaman kolonialisme sekitar tahun 1700. Para kaum kolonial ini mulai menetap di sepanjang pantai timur dan membangun rumah yang dikenal dengan gaya kolonial. Mereka mulai membangun rumah dua lantai yang memiliki satu ruangan di setiap lantai pada awalnya. Akhirnya berkembang menjadi rumah dua lantai dengan empat kamar pada masing-masing lantainya.

Rumah Gaya Kolonial di Amerika

Rumah Gaya Kolonial di Amerika

Photo source: architecture-id.blogspot.com

Rumah gaya kolonial ini memiliki beberapa karakteristik. Pertama bentuk rumah gaya kolonial ini biasanya simetris atau bujur sangkar dan memiliki pintu masuk di tengah yang amat menonjol. Rumah gaya kolonial ini memiliki masing-masing dua jendela di setiap sisi pintu masuk dengan lima jendela di lantai duanya.

Karakteristik yang menonjol lainnya adalah termasuk cerobong asap yang berdampingan, atap menjorok yang memberikan fungsi drainase di musim hujan. Tak ketinggalan juga sebuah tangga yang letaknya berdekatan dengan pintu masuk dan langsung menuju lantai dua.

Rumah gaya kolonial ini memiliki pengaruh dari Inggris. Arsitektur gaya kolonial ini juga paling banyak ditemukan di dua wilayah Amerika yaitu New England dan daerah selatan Amerika. Namun ada dua perbedaan mendasar dari rumah gaya kolonial di dua wilayah tersebut.

Rumah Gaya Kolonial di Amerika

Rumah Gaya Kolonial di Amerika

Photo source: http://www.customasapblog.com

Di wilayah selatan langit-langit rumah dibangun lebih tinggi untuk memberikan ventilasi saat musim panas. Sementara itu di New England banyak rumah bergaya kolonial yang dibangun dari kayu dikarenakan material yang bisa didapat dengan mudah disana. Sementara itu di Virginia yang masih dianggap sebagai bagian dari New England, rumah gaya kolonial ini dibangun dari batu bata. Gaya rumah seperti itu bisa terlihat juga di wilayah Ohio dan Illinois

Rumah gaya kolonial ini cukup populer di Amerika Serikat. Untuk itu para arsitek dan pemilik rumah juga memadukan gaya mereka sendiri ke rumah bergaya kolonial tersebut. Beberapa gaya rumah kolonial lainnya berasal dari gaya aslinya. Seperti halnya gaya kolonial Perancis yang memiliki atap curam, fondasi batu bata yang ditinggikan serta beranda yang luas.

Sementara itu rumah kolonial gaya spanyol cukup populer di Florida dan baratdaya Amerika. Rumah gaya ini memiliki perbedaan dari sisi materialnya yang biasanya terbuat dari batu untuk membuat rumah menjadi sejuk. Jika anda tertarik untuk memiliki rumah gaya kolonial sebaiknya anda memiliki lahan cukup luas dikarenakan rumah bergaya kolonial ini memiliki taman-taman yang tertata rapi sesuai dengan gaya rumah tersebut.

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior