Memahami Eclectic Style Dalam Interior Design – Setiap orang memiliki seleranya masing-masing dalam arsitektur. Saat ini memang arsitektur dengan gaya minimalis tengah booming namun tak semua orang menyukainya adapula yang masih bertahan dengan gaya etnik, klasik dan masih banyak yang lainnya.

Eclectic Style Dalam Interior Design

Eclectic Style Dalam Interior Desig

Photo source: apartementtherapy.com

Gaya eclectic mungkin saat ini belum banyak diadopsi oleh orang di Indonesia untuk diaplikasikan pada rumah tinggal. Eclectic style sendiri masih dianggap asing untuk sebagian besar orang. Salah satu orang pertama yang membawa istilah eclectic ke dunia adalah Johan Joachim Winckelmaan. IStilah ini digunakan untuk hasil karya Caracci yang menciptakan lukisan dengan mengkombinasikan antara tradisi klasik dan elemen renaissance.

Filosofi dibalik pergerakan seni ini dinamakan eclectic style. Eclectic style sendiri bisa berarti untuk mengkombinasikan antara elemen atau gaya tertentu dari beberapa zaman berbeda dan juga lokasi berbeda menjadi satu kesatuan utuh. Namun tentunya bukan berarti eclectic style menggabungkan segala sesuatunya menjadi berantakan.

Sebaliknya gaya eclectic lebih pada sebuah gaya harmonis dimana bagian-bagian furniture berbeda menjadi satu dan masing-masing saling terhubung dan menjadi satu gaya utuh yang indah. Eclectic style merupakan kombinasi dari gaya yang dimaksudkan untuk menciptakan environment secara utuh serta memiliki tampilan memukau, artistik serta elemen-elemen spesifik yang saling terhubung sehingga terlihat seperti harmonisasi dari sebuah gaya arsitektur.

Eclectic Style Dalam Interior Design

Eclectic Style Dalam Interior Design

Photo source: lynnamondesign.com

Mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana ragam gaya yang berbeda-beda bisa disatukan dan menjadi sebuah kesatuan gaya utuh. Tentunya hal ini akan diperlukan usaha yang cukup keras, ide cemerlang serta kreativitas untuk membuat satu project electic style menjadi gaya yang indah dan pada saat bersamaan saling terhubung.

Misalnya anda harus memikirkan mengenai furniture apa yang cocok, warna, bahan serta finishingnya untuk menjadikan eclectic style menjadi sebuah seni utuh. Eclectic style ini memberikan banyak kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang tak biasa dan juga menarik.

Jika anda ingin mengaplikasikan gaya eclectic ke dalam interior design tentu anda tak perlu terburu-buru.Anda seharusnya memiliki banyak referensi akan eclectic style ini sebelum mengadopsinya untuk rumah anda.

Anda bisa memulainya dari satu ruangan terlebih dahulu dan jika berhasil anda bisa mencoba ke ruangan lainnya. Misalnya saja anda bisa mengaplikasikannya di kamar tidur utama terlebih dahulu sebelum beralih ke ruangan lain. Jangan sampai terburu-buru dan gegabah karena nantinya akan membuat eclectic style menjadi berantakan dan tak harmonis.

(Visited 1,799 times, 1 visits today)

Related Post

Menciptakan Privasi di Apartemen Studio
views 6
Menciptakan Privasi di Apartemen Studio - Di tengah mahalnya harga property saat ini, landed house di daerah p...
Tips Menata Rumah Minimalis
views 525
Tips Menata Rumah Minimalis - Rumah minimalis memang banyak menimbulkan kesan polos dan membosankan.  Tapi pen...
Cat Tembok | Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Pe...
views 694
Cat Tembok | Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Yang Timbul - Pernahkan anda mengalami masalah pada c...
Bermain Dalam Kreativitas Pada Rumah Tinggal
views 1.021
Bermain Dalam Kreativitas Pada Rumah Tinggal - Dalam mendekorasi rumah tinggal maupun bangunan lainnya selain ...
Kreatif Memanfaatkan Area Bawah Tangga Untuk Taman
views 2.216
Kreatif Memanfaatkan Area Bawah Tangga Untuk Taman  - Area bawah tangga seringkali membuat anda bingung mengen...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!