Menciptakan Area Makan Nyaman Pada Dapur – Banyak orang berpendapat bahwa focal point dari sebuah rumah adalah ruang keluarga. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian, saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya di dapur. Untuk sebagian orang memasak merupakan hal yang bisa dinikmati bersama-sama dengan keluarga. Dapur menjadi tempat interaksi yang penting bagi keluarga sambil menikmati sarapan, makan siang dan makan malam.

Keberadaan dapur menjadi penting dan tak hanya sebagai area untuk memasak saja. Hal itu yang menjadikan saat ini banyak pemilik rumah yang menjadikan dapur sebagai ruang prioritas dengan desain yang mencerminkan kepribadian mereka. Di Indonesia sendiri dapur biasa dipisahkan antara dapur bersih atau yang biasa disebut pantry dan dapur kotor.

Dapur kotor berfungsi untuk mengolah bahan makanan dari bahan mentah hingga menjadi makanan matang dan dapur bersih atau pantry fungsinya hanya untuk memanaskan makanan, membuat kopi atau membuat sarapan yang memang tak membuat dapur menjadi kotor. Nah biasanya di pantry atau dapur bersih ini juga ditempatkan area makan untuk keluarga bisa saling bercengkrama dan menikmati hidangan.

Menghangatkan makanan atau sekedar membuat kopi bisa dilakukan di pantry atau dapur bersih dan bahkan menjamu tamu yang datang. Saat peranan pantry yang begitu penting bagi keluarga dan kerabat untuk saling mendekatkan diri, maka tentunya penting untuk menjadikan desain pantry menjadi nyaman dan lebih menarik.  Ada beberapa style yang bisa diadopsi untuk area makan pada pantry.

Desain Kontemporer

Dengan desain kontemporer, dapur bersih akan lebih menarik dan efisien. Dengan penataan area makan untuk tiga atau empat orang, dapur tak terlihat sempit. Dengan warna yang cerah berpadu dengan putih, suasana dapur lebih semarak sekaligus menciptakan suasana rileks.

Menciptakan Area Makan Nyaman Pada Dapur

Photo source: decocholic.com

Desain Klasik Yang Elegan

Walaupun area makan pada pantry atau dapur bersih anda terbatas namun anda tetap bisa menerapkan desain klasik yang elegan. Perpaduan antara bench dan kursi klasik serta rak yang memiliki jendela besar menjadikan area makan pada pantry ini menjadi menarik sekaligus bercita rasa seni. Gaya klasik memang tak pernah ketinggalan jaman, tambahkan chandelier sebagai elemen dekorasi penunjang suasana makan.

Menciptakan Area Makan Nyaman Pada Dapur

Photo source: decocholic.com

Desain Simpel Untuk Area Sempit

Menyiasati keterbatasan lahan pada ruang sempit memang tak mudah, namun dengan perencanaan desain yang matang hasilnya akan nampak luar biasa. Seperti pada area makan di sebuah dapur bersih yang simpel ini. Penggunaan dua buah kursi lipat pada area makan membuat desain ruang makan kecil bergaya country ini tampil menawan. Desain ini cocok diaplikasikan pada rumah mungil atau apartemen.

Menciptakan Area Makan Nyaman Pada Dapur

Photo source: decocholic.com

Desain Vintage Serba Putih

Walaupun area makan pada dapur bersih ini terbilang kecil namun dengan penataan yang tepat hasilnya tampil menawan. Area makan pada dapur ini memiliki plafon bercat putih yang tinggi. Mejanya bergaya retro dengan warna putih yang terkesan clean. Dengan dua kursi klasik bercat putih dan sebuah stool sebagai pelengkap dapur ini terasa nyaman dan membuat pemilik rumah merasa betah menghabiskan waktunya disana.

Desain Retro Yang Stylish

Dengan kursi bergaya retro yang berpadu dengan warna cerah membawa suasana tradisional yang hangat. Keterbatasan lahan tak menjadi masalah dengan dekorasi multifungsi. Kabinet dapur bercat hijau memiliki banyak storage untuk menyimpan peralatan memasak. Dengan desain yang terkesan santai, area makan pada dapur bersih ini menjadi ruang favorit keluarga untuk bersantai.

(Visited 505 times, 1 visits today)

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!