Rumahuni.com – Didalam hidup, kadang-kadang apapun yang kita lakukan, semua dibatasi oleh gaya dan peraturan yang sudah diterapkan di masyarakat. Untuk sebagian orang, mereka merasa bahwa dirinya tidak cocok untuk masuk kedalam salah satu dari gaya dan peraturan yang telah ada, mereka mempunyai cara sendiri dalam hal gaya maupun cara menyelesaikan masalah. Mereka memiliki gaya sendiri dalam membuat dan merancang suatu benda. Ketika hal ini semakin serius, terciptalah suatu paham yang disebut eclectic style atau gaya eclectic.

Pengertian eclectic style pada desain interior adalah, menggabungkan elemen atau suatu bagian dari beberapa gaya interior dari periode yang berbeda dan menyatukannya didalam sebuah project. Contohnya membuat ruangan dipenuhi dengan mebel dan dinding minimalis, namun memiliki karpet dan aksesoris glamor khas gaya klasik.

Penerapan eclectic style pada ruang keluarga

Penerapan eclectic style pada ruang keluarga

Eclectic style amat bagus diambil ketika seseorang tidak dapat memutuskan desain interior yang akan digunakan untuk sebuah ruangan. Jadi kenapa tidak menyatukan semuanya? Electic style lebih condong kearah mixing (menyatukan) daripada matching (menyerasikan), walaupun pada akhirnya semua elemen yang ada harus dikordinasikan untuk menciptakan efek segar dan tidak cepat bosan untuk mata. Untuk itulah sebenarnya tidak mudah untuk menerapkan electic style pada sebuah ruangan.

Sebuah contoh eclectic style bisa dilihat pada gambar diatas. Designer memadukan matching colour khas gaya minimalis dengan perabotan dan dinding ala klasik. Seperti yang kita lihat, pencampuran diatas membuat kesan bersih dan memberi efek luas yang amat kuat untuk mata. Masih banyak ratusan ide eclectic style lainnya yang bisa Anda coba dan terapkan pada ruangan Anda di rumah.

Selamat berkreasi.

(Visited 1,314 times, 1 visits today)
Tagged with →  

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!