Rumahuni.com – Saat ini taman tropis gaya bali merupakan desain taman yang saat ini amat digemari. Taman tropis gaya bali ini biasanya dilengkapi dengan kolam ikan, joglo, plaza serta dilengkapi dengan pintu gerbang gaya bali. Penataan taman tropis bergaya bali ini tentunya tak hanya berisi sekumpulan tanaman tropis yang ditata secara alami namun lebih dari itu membentuk sebuah kesatuan taman yang menyiratkan nuansa pulau tropis bali.

Taman tropis gaya bali ini juga dirancang dengan sekumpulan tanaman tropis seperti misalnya jenis palem, pisang, honje, kamboja yang ditata secara alami. Tanaman air gaya bali biasanya meliputi lotus, futoi, teratai ungu dan kuning serta papyrus yang merupakan aksen menarik pada kolam.

Agar konsep bali dan nuansa alami terbentuk maka sebaiknya anda memilih materi sirap sebagai penutup atap joglo dan alang-alang sebagai penutup gaya bali. Sementara itu biasanya penutup kolam dan materi lantai biasanya menggunakan materi seperti batu palimanan, batu candi dan batu kali.

Keindahan Taman Tropis Gaya Bali

Keindahan Taman Tropis Gaya Bali

Photo source: telegraph.co.uk

Taman gaya bali juga biasanya difungsikan sebagai area entrance ke rumah tinggal. Selain kolam ikan kolam renang juga seringkali dijadikan pelengkap taman tropis gaya bali. Material yang biasa dipakai adalah batu andesit yang dipotong rapi untuk menutupi bagian tepi dan tangga kolam.

Anda juga bisa memilih kayu besi untuk menutupi lantai di sekeliling kolam renang dan ubin keramik berwarna biru sebagai pelapis lantai dasar kolam. Warna biru memang sengaja dipilih untuk menetralisasikan warna hijau yang mendominasi area di sekitar kolam.

Keindahan Taman Tropis Gaya Bali

Keindahan Taman Tropis Gaya Bali

Photo source: greathomeinterior.com

Anda bisa merancang kolam renang dengan overflow system sehingga memberi kesan tanpa batas. Anda bisa mendesain dinding kolam seolah-olah tanpa batas ini menjadi air terjun yang mengalir halus. Konsep kolam renang yang ideal adalah dengan membiarkannya terbuka sehingga seluruh sudut kolam mendapat cahaya matahari.

Namun biasanya didaerah tropis cahaya matahari amatlah terik sehingga membutuhkan pelindung. Kanopi pepohonan seringkali menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan. Namun solusi lainnya adalah dengan menempatkan payung yang dapat menjadi peneduh di area tertentu.

Tagged with →  

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior