Merancang Dapur Mungil – Berkembangnya tren rumah minimalis sederhana saat ini, tentu sangat berpengaruh pada penataan interiornya. Luasan ruang yang terbatas, menuntut perancang pandai menyiasati kebutuhan ruang dan desainnya. Salah satu ruang yang biasanya ada dalam sebuah hunian adalah dapur. Lantas bagaimana kita menyiasati dapur pada luasan ruang yang terbatas? Meskipun dapur kecil, tetapi harus tetap mampu menggabungkan kenyamanan dengan efisiensi dan gaya. Pada artikel ini, kita akan memberikan beberapa tips merancang dapur kecil.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita bisa menciptakan kesan agar dapur terlihat lebih luas. Hal mendasar yang bisa anda terapkan untuk membuat dapur terlihat lebih besar, adalah memilih pewarnaan yang cerah dalam rancangan dapur anda. Selain itu, anda juga bisa memilih kombinasi warna tetapi yang masih satu nada, terutama untuk membedakan langit-langit, dinding, dan lantai. Pengaturan cahaya-cahaya buatan di bawah sudut-sudut gelap juga dapat membuat ruangan terlihat lebih besar.

Merancang Dapur Mungil

Merancang Dapur Mungil

Gambar 1. Dapur dengan warna cerah dan senada memberikan kesan lebih luas

Untuk bisa menciptakan kesan dapur yang lebih luas,anda bisa memasang kaca pada langit-langit dapur sehingga memasukkan lebih banyak cahaya sekaligus pemandangan langit yang indah, ke dalam dapur anda. Ini akan membuat ilusi ruang yang lebih besar. Selain meletakkan kaca-kaca pada atap, anda juga bisa membuat jendela besar . Ini akan membuat dapur anda seolah-olah menyatu dengan ruang luar sehingga terkesan lebih luas. Gunakan jendela dengan bingkai bergaya di atasnya, sebagai aksen. Penggunaan ubin berbentuk diagonal, juga bisa memperluas kesan tampilan pada dapur anda.

Gambar 2. Merancang dapur dengan banyak bukaan

Merancang Dapur Mungil

Merancang dapur dengan banyak bukaan

Pemilihan perabot yang sesuai dengan kebutuhan dapur anda juga bisa menjadi salah satu tips dalam menyiasati dapur mungil. Anda bisa memilih perabotan multifungsi yang saat ini banyak ditawarkan oleh produsen peralatan dapur. Selain itu, penggunaan rak atau lemari gantung sebagai area penyimpanan juga merupakan salah satu alternatif dalam menyiasati dapur mungil. Pemanfaatan  ruang vertikal pada dapur Anda untuk penyimpanan, membuat dapur anda lebih efisien dan tampak lebih rapi. Di sisi lain efisiensi itu bisa menyediakan ruang kerja lebih luas pada dapur mungil anda.

Gambar 3. Perabot yang fungsional dan multifungsi untuk kenyamanan dapur anda

Merancang Dapur Mungil

Merancang Dapur Mungil

Untuk membuat dapur anda menjadi lebih nyaman, anda bisa menggabungkan dapur dengan kursi makan kecil seperti mini bar. Selain lebih menghemat ruangan, ini juga memudahkan anda dan keluarga untuk menikmati kebersamaan di dapur anda yang mungil.

(Visited 2,438 times, 1 visits today)

Related Post

Memilih Desain dan Material Untuk Kursi dan Meja T...
views 454
Memilih Desain dan Material Untuk Kursi dan Meja Taman - Taman memang merupakan sarana untuk melepas stress di...
Pentingnya Desain Taman di Sebuah Hunian
views 3.637
Pentingnya Desain Taman di Sebuah Hunian - Tidak lengkap rasanya sebuah hunian tanpa memiliki taman. Sekalipun...
7 Langkah Memaksimalkan Space Pada Ruang Sempit
views 21
7 Langkah Memaksimalkan Space Pada Ruang Sempit - Tentunya setiap orang menginginkan sebuah rumah yang besar m...
Apartemen Gaya Skandinavia Yang Menenangkan
views 356
Apartemen Gaya Skandinavia Yang Menenangkan - Gaya skandinavia saat ini memang tengah booming di tengah dunia ...
Tips Mendesain Layout Apartemen Studio
views 192
Tips Mendesain Layout Apartemen Studio - Salah satu tantangan terbesar untuk tinggal di apartemen model studio...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!