Recommend on Google

Categories

Neoklasik Gaya Arsitektur Megah dan Abadi

Rumahuni.com – Arsitektur gaya Neoklasik atau bisa disebut juga new classical merupakan arsitektur yang terinspirasi oleh zaman yunani dan romawi kuno. Jika anda melihat arsitek gaya neoklasik maka anda masih bisa melihat sentuhan kuil parthenon di Athena atau kuil pantheon di Roma.

Adapun arsitektur gaya neoklasik memiliki beberapa ciri seperti misalnya bentuk yang simetris, kolom-kolom tinggi yang menopang tinggi bangunan, pediment segitiga, atap berbentuk kubah dan masih banyak lainnya.

Gaya Arsitektur

Photo source: architecture.about.com

Arsitektur gaya neoklasik berawal saat Giacomo da Vignola membuat prinsip prinsip arsitektur klasik pada buku yang berjudul Five Orders of Architecture. Beberapa tahun kemudian Andrea Palladio menggambarkan secara jelas bagaimana pendekatannya di arsitektur klasik di buku The Four Books of Architecture.

Bangunan-bangunan seperti capitol hill di Amerika Serikat atau museum prado di Madrid memberikan gambaran mengapa arsitektur neoklasik amatlah populer di dalam dunia arsitektur. Bangunan neoklasik nampak simetris, membentuk satu kesatuan utuh, kokoh serta tentunya abadi.

Gaya Arsitektur

Photo source: blog2best.blogspot.in

Simetris dan keseimbangan merupakan ciri khas yang paling terlihat nyata di bangunan gaya neoklasik. Salah satu elemen yang paling penting ada pada bangunan bergaya neoklasik adalah kolom. Untuk eksterior pada bangunan neoklasik kolom digunakan untuk menopang bangunan sehingga nampak kokoh. Dengan bentuknya yang simetris dan kolom-kolom penopang yang tinggi bangunan neoklasik nampak anggun terlebih lagi dengan ciri khas atap berkubahnya.

Interior bangunan neoklasik ini bervariasi namun tentunya interior bangunan neoklasik pada bangunan rumah tinggal berbeda dengan yang ada pada perpustakaan, museum serta kantor pemerintahan. Bangunan-bangunan neoklasik yang terkenal diseluruh dunia adalah US Capitol Hill, Gedung Putih, Gedung Supreme Court Amerika dan masih banyak yang lainnya.

Di Amerika sendiri banyak ditemukan bangunan rumah tinggal bergaya neoklasik dan pada umumnya bangunan-bangunan tersebut terlihat kokoh, menjulang serta terlihat megah. di Indonesia sendiri gaya neoklasik pada rumah tinggal cukup digemari karena banyak yang berpendapat bahwa gaya ini merupakan bangunan klasik yang terlihat moderen serta tak ketinggalan zaman.