Recommend on Google

Categories

Ragam dan Tipe Rumah Gaya Kolonial di Amerika

Rumahuni.com – Pendekatan gaya kolonial pada arsitektur amatlah beragam. Rumah gaya kolonial sendiri walaupun nampaknya sama namun memiliki keragaman . Memang bagi orang yang menyukai gaya moderen maka rumah gaya kolonial ini terlihat tua.

Diantara beragam rumah bergaya kolonial yang dipengaruhi oleh warisan zaman lampau maka masing-masing negara memiliki rumah gaya kolonialnya masing-masing.

Rumah gaya kolonial sendiri mulai dikenal orang di awal tahun 1700 sebagai bukti nyata dari awal-awal kejayaan Amerika. Walaupun struktur-struktrunya memiliki banyak variasi namun ada dua kesamaan dari rumah gaya kolonial yang bisa dicermati. Rumah gaya kolonial ini memiliki banyak jendela serta memiliki dinding-dinding yang broad. Berikut beberapa ragam dari rumah gaya kolonial.

English Colonial

Rumah gaya english colonial ini merupakan tipikal gaya perumahan di Inggris pada saat itu. Rumah-rumah ini memiliki atap yang agak curam dan seringkali memiliki pilar-pilar besar di bagian depan rumah. Kedua pilar tersebut tidak melambangkan apapun hanya saja dianggap bagus untuk arsitektur rumah gaya kolonial tersebut.

Tipe Rumah Gaya Kolonial

Photo source: loring-greenenough.org

Dutch Colonial

Rumah ini memiliki atap mirip dengan rumah-rumah gaya barn, reng pintu dan sepasang cerobong asap. Gaya rumah dutch colonial ini amatlah populer di wilayah New York.

French Colonial

Lain halnya dengan rumah gaya french colonial yang nampak tinggi serta juga memiliki jendela serta pintu yang juga tinggi. hipped roof dan jendela-jendela yang banyak. Gaya ini merupakan gaya arsitektur Perancis pada masa tersebut.

Spanish Colonial

Berbeda dengan rumah gaya kolonial pada umumnya, rumah gaya spanish ini hanya satu lantai dengan atap yang rendah. Pintu-pintunya banyak namun dengan sedikit jendela. Hal ini juga membedakan rumah gaya spanish colonial dengan gaya kolonial lainnya. Salah satu cara mudah untuk menandakan rumah gaya spanish colonial adalah ciri khas atap merah dan lengkungan pada pintu masuk.

Tipe Rumah Gaya Kolonial

photo source: billbarr.wordpress.com

Georgian Colonial

Pada akhir zaman kolonial, trend terbaru muncul dari inggris yaitu Georgian style. Rumah gaya Georgian ini memang ditujukan untuk kelas atas untuk acara kumpul-kumpul mereka. Rumah gaya Georgia ini selalu memiliki pilar pada bagian depan dan simetris. Salah satu contoh rumah paling terkenal dari gaya ini adalah White House yang merupakan rumah paling populer di Amerika tentunya.

Anda bisa melihat begitu banyaknya keragaman di rumah-rumah gaya kolonial di Amerika. Tentu masih banyak ragam lainnya seperti Pennsylvania colonial, Mexican colonial, German Colonial dan masih banyak yang lainnya. Istilah kolonial pada arsitektur sendiri bukan menandakan style namun lebih pada refleksi dari arsitekur pada zaman tersebut.