Rumahuni.comBatu alam kini sudah banyak digunakan untuk desain rumah, baik desain didalam maupun diluar rumah. Tapi karena batu alam mempunyai sifat tidak kuat menahan sinar matahari dengan waktu yang lama, maka itu tidak sedikit orang yang tidak mau menggunakannya untuk desain rumah. Dengan alasan akan sering ditumbuhi lumut dan jamur. Oleh karena itu mari kita ulas tentang batu alam yang digunakan untuk desain rumah.

Batu alam kini sudah banyak digunakan untuk desain rumah baik desain didalam maupun diluar rumah

Tekhnik Batu Alam Untuk Mendesain Rumah

 1. Jenis Batu

Batu alam itu dibagi atas 2 jenis. Jenis pertama adalah jenis batu lunak yang mempunyai kekuatan tidak lama, namun dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan karena mempunyai tekstur yang empuk seperti batu palimanan.

Jenis batu yang kedua adalah Jenis batu keras, jenis ini tentu mempunyai masa kekuatan lebih lama dari batu lunak, namun akan lebih susah dalam merubah bentuknya karena teksturnya yang keras seperti batu andesit dan marmer. Selain batu batu tersebut, batu koral dan kali juga dapat digunakan. Agar terlihat lebih alami, gunakan batu dengan bentuk kasar(tidak tajam, agar tidak melukai).

 2. Tempat Dan Lokasi Pemasangan

Batu alam dapat dipasang untuk dinding rumah, baik dinding dalam maupun dinding luar. seperti dinding kamar mandi, ruang tamu, ruag tengah dan teras. Bisa juga untuk dinding kecil yang dibuat sebagai tempat air mancur dan dapat  digunakan pada lantai untuk mengganti keramik.

 3. Manfaat dan keunggulan dari desain batu alam

Batu alam tidak hanya digunakan untuk rumah bergaya modern saja, gaya tradisionalpun cocok memakai batu alam. Bentuk dan motif beragam membuat rumah lebih cantik. Karena batu alam berwarna alami dan beragam, maka tidak perlu memakai cat yang berlebihan bila dihunakan untuk dinding. Selain warna, pemakaian batu alam untuk dinding dapat membuat ruangan menjadi hangat, bahkan sejuk ataupun dingin tergantung dengan jenis batu yang dipakai. Dan terpenting membuat rumah menjadi lebih cantik. Desain ini tentu membuat rumah menjadi lebih menyatu dengan alam apalagi dengan warna yang alami.

Batu alam kini sudah banyak digunakan untuk desain rumah baik desain didalam maupun diluar rumah

Tekhnik Batu Alam Untuk Mendesain Rumah

 4. Cara memasang batu alam terutama untuk dinding rumah

  • Karena batu alam mempunyai bentuk yang tidak sama satu dengan yang lainnya, maka Sebelum memasang harus dibuat pola dan ukuran dari batu tersebut.
  • Setelah buat pola, siapkan semen, pasir, juga perekat khusus (tidak menggunakan semen dan pasir biasa) agar batu dapat menempel lebih kuat, tidak mudah runtuh, dan tahan lama.

 5. Perawatan

Hal pertama untuk mencegah timbulnya jamur, lumut, atau kotoran lain, dengan cara sebelum batu itu dipasang, batu sebaiknya di rendam beberapa jam dengan air hal itu membuat pori pori batu menjadi tetutup ketika di tempel. Cara lainnya adalah  dengan melakukan pengecatan atau coating pada saat batu selesai di tempel. Lakukan hal ini secara rutin misal setahun, atau beberapa bulan sekali. Pilih juga jenis coating yang cocok dengan jenis batu. Karena beda batu, beda coating. Yang paling penting harus rajin membersihkan apabila ada kotoran, dengan cara menyiram dengan air sabun, menyikat atau menggosok batu, lalu menyemprotnya dengan air meggunakan selang. Hal itu harus dilakukan agar batu tetap bersih dan terawat.

Tagged with →  

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior