Rumahuni.com – Setiap ruangan didalam rumah memang mempunyai fungsi yang beragam, salah satunya adalah teras. Teras memang bukan sebuah ruangan yang terdapat banyak barang atau benda rumah tangga. Teras bisa disebut sebagai tempat yang pertama kali dilihat dan di injak oleh tamu atau penghuninya sebelum mereka masuk kedalam ruang utama rumah. Pada umumnya teras terdapat dibagian depan rumah, namun teras rumah juga bisa dibuat menjadi tiga jenis yaitu teras depan, belakang, dan samping.

Tidak semua rumah memiliki teras, namun harus kita ketahui betapa pentingnya teras dan manfaatnya. Termasuk Ketiga jenis teras ini yang mempunyai fungsi berbeda, dan cara penataan yang berbeda pula. Berikut tips dan cara untuk menata ketiga jenis teras yang indah dan nyaman.

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

 1.       Teras Depan

Teras depan pada umumnya dijadikan tempat pertama untuk menerima tamu atau apabila ruang lingkup didalam rumah seperti ruang tamu tidak memadai. Maka dari itu buatlah teras rumah depan senyaman mungkin namun tetap memperhatikan luas teras tersebut. Apabila luas teras kecil cukup dengan meletakkan kursi dan meja dengan jenis yang jangan terlalu mewah, namun natural seperti kursi yang terbuat dari rotan ataupun kayu lembut. Dengan meletakkan vas bunga diatas meja. Dan apabila luas teras lebar, kita dapat meletakkan beberapa tanaman yang meninggi indah dan segar di sudut teras. Dapat juga menambahkan tanaman gantung agar terlihat lebih asri. Namun banyak juga orang yang mengikutsertakan kolam ikan disisi depan teras, memang akan terlihat lebih nyaman, tenang, dan pemandangan yang bersifat alam. Serta lantai yang selaras dengan penghijauan disekitar teras.

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

2.       Teras Belakang

Teras belakang bukanlah untuk menerima tamu, tapi lebih sebagai tempat bersantai dengan menikmati angin segar baik dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga. Teras belakang memang memerlukan luas tanah yang cukup luas. Kebanyakan orang membuat teras belakang, dengan pemandangan kebun kecil atau taman kecil yang terdiri dari beberapa pepohonan yang ditaman, bunga bunga dengan beralaskan rumput hijau. Banyak juga yang menyertakan kolam renang kecil untuk dapat lebih bersantai dan berenang tanpa harus berenang ditempat renang umum. Teras belakang mungkin lebih privasi dari pada teras depan yang dapat dilihat oleh banyak orang. Kita juga dapat menambahkan furnitur seperti lukisan yang menggambarkan alam, dan tetap meletakkan kursi serta meja.

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

Menata Teras Rumah Indah dan Nyaman

3.       Teras Samping

Sedikit orang yang membuat teras samping di sekitar rumahnya. Namun ada juga yang menyisahkan sedkit tanahnya untuk dijadikan teras samping, gunanya adalah untuk menuju ruang belakang atau teras belakang tanpa harus masuk kedalam rumah atau melewati ruang didalam rumah. Teras samping bisa ditata hanya dengan beralaskan keramik tanpa furniture, atau bisa juga ditambahakan pot bunga dengan cara diletakkan sejajar dengan dinding samping. Bila kita bosan dengan lantai keramik, Bisa diganti kolam ikan dengan beberapa gazebo atau batu loncatan yang besarnya cukup untuk diinjak kaki yang berdiri kokoh didalam kolam ikan tersebut namun airnya tidak melebihi atau beberapa centi dibawah permukaan Gazebo

Kesemua jenis teras rumah itu sebaiknya berlantaikan ubin keramik yang tidak licin agar yang melewatinya tidak mudah terjatuh karena teras berada diluar rumah yang mudah terkena air hujan.

Tagged with →  

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior