Rumahuni.com – Apa yang biasanya terbersit di pikiran anda saat hendak merencanakan taman di halaman belakang? Tentunya taman di halaman belakang merupakan salah satu sarana untuk melepas stress. Taman ini biasanya terhubung dengan teras atau area duduk outdoor dan taman belakang ini dikarenakan letaknya di belakang rumah yang cenderung tak terlihat maka menyimpan privasi lebih ketimbang taman depan ataupun taman samping.

Ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan untuk membuat taman belakang. Taman belakang tak selalu identik dengan hamparan rumput asri dan kolam namun anda bisa membuat ragam taman belakang sesuai dengan selera. Berikut ide-ide kreatif yang bisa anda aplikasikan untuk mempercantik area di halaman belakang rumah anda.

Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang

Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang

photo source: nrgardendesign.co.uk

Taman Belakang dengan Rumput dan Kolam

Ini merupakan ide yang paling umum dan menjadi favorit banyak orang. Taman ini cocok untuk segala ukuran lahan dari mulai lahan sempit hingga luas. Hanya saja ukurannya anda bisa ubah sesuai dengan space yang anda miliki. Anda bisa membuat kolam ikan bergaya minimalis di belakang rumah.

Kolam ini bisa anda lengkapi dengan water wall untuk menambah gemercik suasana. Konsep kolam ini cocok untuk anda yang memiliki keterbatasan waktu dalam pemeliharaan. Batu alam tiruan dari semen bisa menjadi latar belakang kolam dan didalamnya terdapat saluran sirkulasi air dari sistem filterisasi. Anda juga bisa menanam rumput disekitarnya ini akan semakin mempercantik kolam anda.

Taman Belakang dengan Kebun Buah dan Sayur

Jika anda memiliki halaman belakang cukup luas dan anda memiliki hobi berkebun maka anda bisa menanam buah dan sayur. Namun tentunya ini cocok untuk anda yang memiliki banyak waktu di rumah. Anda bisa menanam beberapa tanaman buah dan sayur seperti misalnya tomat, cabai, bayam, jeruk nipis dan masih banyak yang lainnya. Anda juga bisa menanamnya di pot-pot dan melakukan pengerasan lahan jika anda tak suka dengan tanah yang becek pada saat musim hujan.

Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang

Tiga Ide Kreatif Untuk Desain Taman Belakang

Photosource: balisignaturevillas.com

Taman Belakang dengan Kolam Renang

Jika anda memiliki space cukup luas dan budget besar anda bisa membuat kolam renang di halaman belakang rumah anda. Model kolam renang saat ini beragam dan tidak selalu harus kotak atau persegi panjang. Untuk menambah suasana alami anda bisa membuat tepi kolam renang dengan batu andesit atau batu palimanan.

Untuk memberi suasana meriah pada kolam anda bisa menambahkan meja, kursi dan payung di sisi kolam. Selain beberapa tanaman juga akan mempercantik kolam renang anda. Anda bisa menata kolam renang anda dengan gaya tropis. Beberapa tanaman yang lazim ditanam untuk mempercantik sisi kolam adalah plumeria dan juga bromelia yang kaya warna.

Sebagai finishing anda bisa menutup tanah di tepian kolam renang dengan rumput gajah mini. Rumput gajah ini amat efisien dikarenakan sifatnya yang tak meninggi sehingga tak butuh pemangkasan.

Untuk merencanakan ide-ide taman lainnya anda bisa langsung menghubungi rumahuni untuk berkonsultasi.

Tagged with →  

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior