Tips Mempercantik Dinding Interior – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan rumah dengan elemen desain salah satunya adalah dinding interior. dinding rumah bisa menjadi elemen desain yang menawan jika dipercantik dengan berbagai sentuhan seperti misalnya dicat dengan warna terang, menggunakan wallpaper atau menggunakannya sebagai kanvas lukisan.

Pada sekitar tahun 1990 dan awal tahun 2000 anda banyak melihat ruangan dengan dominasi warna putih namun menjadikan salah satu bidang dinding sebagai focal point dengan warna terang. Tren ini cukup populer di awal tahun 2000 dan model desain seperti ini dianggap sebagai gaya lama walaupun kini masih cukup banyak peminatnya.

Tips Mempercantik Dinding Interior

photo source: mylands.co.uk

Saat ini dinding interior sudah makin banyak variasinya dan mengedepankan perpaduan berbagai desain. Dengan kreativitas, piihan warna yang makin banyak dan pilihan tekstur, dinding interior tak hanya memberikan warna pada sebuah ruang namun juga fungsional sebagai elemen desain.

Alasan utama untuk menonjolkan sebuah bidang dinding pada sebuah ruang adalah untuk menciptakan suasana menyenangkan dan energi positif dengan mengaplikasikan elemen kreatif. Dengan kata lain adalah untuk membangkitkan suasana pada ruangan yang membosankan. Dengan mempercantik dinding interior juga memberikan sentuhan dramatis pada ambience ruang.

Dengan keberadaan satu dinding interior mampu membuat sebuah ruang terkesan lapang. Seperti misalnya dengan mengecat satu bidang dinding dengan warna yang lebih gelap dari warna dinding lainnya akan memberikan kesan elegan pada ruang informal. Dinding kaca pada sebuah kamar mandi kecil juga akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Keberadaan dinding interior pada sebuah ruang juga menegaskan batas ruang tersebut dengan ruang lainnya seperti misalnya pada konsep open floor plan dimana beberapa ruang disatukan menjadi satu area seperti misalnya ruang duduk dengan ruang makan dan dapur. Anda bisa mempercantik dinding interior pada area makan untuk mempertegas batasan dengan ruang duduk yang berada didekat ruang tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mepercantik dinding interior dan hal tersebut bisa disesuaikan dengan space yang ada. Seperti misalnya jika anda memiliki plafon tinggi pada sebuah ruang anda bisa mempercantik dinding interior dengan motif garis vertical sampai ke plafon.

Dengan menghadirkan sebuah bidang dinding interior juga membantu mengalihkan view yang tak disukai kearah dinding tersebut. Seperti misalnya jika pemandangan diluar jendela anda adalah tembok atau perumahan kumuh maka dengan kehadiran satu bidang dinding interior akan membantu mengalihkannya. Berikut beberapa ide dinding interior yang bisa anda terapkan di rumah:

Wallpaper

Wallpaper merupakan pilihan yang tepat dan mudah untuk memberikan sentuhan berbeda pada tiap ruang. Saat ini variasi motif wallpaper amat banyak dan harganya juga terjangkau. Anda bisa memilih motif shabby chic untuk memberikan kesan romantis atau motif geometris untuk kesan moderen.

Panel Kayu

Panel kayu merupakan salah satu pilihan yang cukup populer untuk dinding interior. panel kayu bisa menjadi dinding interior sekaligus rak terbuka untuk meletakkan koleksi buku atau benda pajangan.

Tips Mempercantik Dinding Interior

photo source: google images

Mural

Menjadikan mural sebagai dinding interior juga memberikan kesan dramatis terutama pada kamar anak. Anda bisa memilih image yang tepat sesuai tema seperti negeri dongeng, dunia bawah laut atau tema superhero dan disesuaikan dengan usia anak.

Batu Alam

Saat ini batu alam tak hanya populer sebagai dinding eksterior namun juga sebagai dinding interior. anda bisa menggunakannya pada berbagai ruang seperti ruang tamu, ruang makan dan ruang duduk. Anda bisa menggunakan batu alam seperti batu palimanan atau batu candi untuk tampilan natural.

Tips Mempercantik Dinding Interior

photo source: google images

Cat Dinding

Walaupun cat dinding merupakan kreasi dinding interior yang paling standar namun bukan berarti anda tak bisa berkreasi dengannya. Jangan takut untuk memberikan warna dramatis seperti hijau, kuning atau oranye pada dinding interior.

(Visited 767 times, 1 visits today)

Related Post

Kreatif Maksimalkan Fungsi dan Desain Storage
views 544
Kreatif Maksimalkan Fungsi dan Desain Storage - Lahan terbatas saat ini memang menuntut orang untuk bermain de...
Arsitektur Kreatif Sebuah Farmhouse
views 251
Arsitektur Kreatif Sebuah Farmhouse - Berlokasi di daerah pinggiran dengan lansekap indah sebuah farmhouse tua...
Ide Kreatif Kitchen Island di Rumah Mungil
views 805
Ide Kreatif Kitchen Island di Rumah Mungil - Model kitchen island merupakan salah satu model dapur yang banyak...
Mendesain Elemen Pendukung Teras
views 332
Mendesain Elemen Pendukung Teras - Teras berfungsi sebagai ruang peralihan antara halaman dan ruang dalam. Ter...
Tetap Sesuai Budget Saat Renovasi
views 16
Tetap Sesuai Budget Saat Renovasi - Renovasi rumah merupakan salah satu proyek yang cukup banyak menguras kant...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!