Tips Menata Rumah MinimalisRumah minimalis memang banyak menimbulkan kesan polos dan membosankan.  Tapi pendapat itu salah besar. Justru dengan menata rumah minimalis sangat efektif untuk ditinggali. Selain tanahnya yang tidak begitu luas membuat kita tidak perlu repot karena tidak terdapat banyak barang dirumah, atau tidak perlu waktu yang lama dan cara sulit untuk selalu membersihkannya. Luas rumah minimalis tidak boleh jadi masalah untuk membuat rumah itu indah dan nyaman. Dalam menata atau membangun rumah kecil agar nyaman dan tidak jenuh untuk ditinggali ternyata tidak asal dalam pembuatannya . Hal yang paling penting yang harus dilakukan  adalah mencermati atau harus lebih peka dengan setiap bentuk ruangan dan setiap sudut rumah kita. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam menata barang. Atau hal apa saja yang cocok dan lebih pantas untuk mengisi ruangan atau sudut rumah kita. Ingat , nyaman atau tidaknya tempat tinggal  sangat menentukan juga tingkat stres loh. Dan berikut tips detail untuk menata istana mungil kita.

Tips Menata Rumah Minimalis

Tips Menata Rumah Minimalis

1.       Sirkulasi udara dan pencahayaan dalam rumah

Ini adalah hal yang paling penting agar rumah nyaman untuk ditinggali. Maka aturlah letak jendela dan kaca pada rumah kita . pilihlah ukuran jendela yang tidak terlalu besar agar sirkulasi udara tidak berlebihan keluar masuk rumah dan juga agar rumah terasa hangat. Untuk kacanya jangan pilih kaca yang bermotif pilihlah kaca yang polos. dan untuk pencahayaan dalam rumah  jangan gunakan lampu berwana selain putih dan kuning, karena kedua warna itu dapat dibilang warna lembut untuk pencahayaan. Warna putih dapat melambangkan suasana persahabatan, ruangan terasa lebih luas, bersih, dan nyaman, sedangkan warna kuning akan menimbulkan kesan hangat didalam ruangan.

2.       Pilih cat dinding dengan warna yang menenangkan

Warna warna yang menenangkan itu seperti hijau atau coklat.  Namun ada warna yang lebih minimalis terang dan membuat kesan rumah kita menjadi lebih  luas  yaitu warna putih. Selain luas, rumah kita juga akan terlihat lebih bersih dan sejuk dipadang mata, tentu tidak akan membuat kita stress. Namun kita juga masih bisa ko menggunakan warna warna cerah untuk beberapa aksen yang terdapat dirumah kita.

3.       Lantai yang sederhana

Lantai adalah tempat kita berpijak, kalau lantai saja tidak nyaman bagaimana kita bisa betah dirumah? Warna dan desain juga sangat mnentukan kenyamanan, jangan pilih warna gelap dan desain dengan pola yang rumit. Karena itu bisa membuat kita lebih pusing melihatya. Pilihlah warna yang lembut dan pola yang polos atau tidak rumit. Seperti warna putih atau krem, kita juga bisa menggunakan ubin keramik atau lantai dilaminasi. Tapi ingat harus tetap yang terlihat sedrhana.

4.       Efesiensi kan setiap ruangan

Kita harus cermat  dalam mengamati setiap ruangan atau sudut yang akan diisi barang atau benda. Contoh bagian bawah tangga yang dapat difungsikan sebagai bofet atau lemari.

Tips Menata Rumah Minimalis

Tips Menata Rumah Minimalis

5.       Pilih barang atau furniture yang minimalis

Pilihlah barang atau furniture yang tidak besar ukurannya,  dengan warna atau desain yang sederhana dan warna yang lembut.  Kita juga dapat meletakkan beberapa tanaman pada sudut ruangan agar terlihat lebih alami dan asri . Dan letakkan cermin pada setiap sudut atau dinding yang memungkinkan untuk diletakkan, Supaya ruangan tersebut terlihat lebih luas. Pilih televisi yang flat dan dapat di pasang di dinding sehingga tidak perlu meja untuk meletakkannya. Untuk kamar cukup letakkan kasur, lemari, atau meja samping. Di dapur juga harus pilih furniture yang minimalis. Dan untuk rumah yang berlantai dua, kita dapat menggunakan tangga yang tidak terlalu makan tempat dengan menggunakan bahan ringan. Isi ruang tamu dengan kursi atau sofa dengan meja tidak besar.

6.       Tetap hiasi dengan sedikit dekorasi.

Rumah minimalis bukan berarti polos begitu saja, atau sangat terlihat minimalisnya. Kita juga dapat menambahkan sedikit dekorasi seperti dinding yang dihiasi wallpaper sederhana, atau vas di atas meja kecil ruang tamu.

7.       Fokus dalam memakai hal penting.

Ini adalah masalah yang terdapat pada diri penghuni rumah tersebut. Kita harus tanamkan dalam diri kita bahwa gunakan dan pakailah barang barang yang memang penting dan bermanfaat . jangan gunakan barang yang sekiranya hanya membuat sumpek atau penuh rumah kita.

Silahkan mencoba…

(Visited 952 times, 1 visits today)

Related Post

Tips Mendesain Ruang Bawah Atap
views 692
Tips Mendesain Ruang Bawah Atap - Ruang bawah atap rumah dapat menjadi ruangan yang memiliki pesona tersendiri...
Memanfaatkan Furnitur Bekas Untuk Dekorasi Taman
views 285
Memanfaatkan Furnitur Bekas Untuk Dekorasi Taman - Kehadiran taman dalam rumah mampu memberikan ambience berbe...
3 Tanaman Indoor Paling Populer
views 623
3 Tanaman Indoor Paling Populer - Bukan hanya diluar rumah, taman juga bisa kita hadirkan didalam rumah. Bahka...
Menjadikan Kamar Mandi Kecil Tampil Cantik dan Lap...
views 556
Menjadikan Kamar Mandi Kecil Tampil Cantik dan Lapang - Kamar mandi kecil seringkali menjadi alasan mengapa ba...
Fasilitas Mewah Di Rumah Peristirahatan Terpencil
views 165
Fasilitas Mewah Di Rumah Peristirahatan Terpencil - Dengan gaya simple dan casual, rumah peristirahatan ini te...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!