Tips Mendesain Ruang Bawah Atap – Ruang bawah atap rumah dapat menjadi ruangan yang memiliki pesona tersendiri, misalnya bisa dijadikan kamar tidur, ruang bermain, perpustakaan atau ide lainnya. Namun yang menjadi kendala biasanya  terletak pada atap plafon atau langit-langit karena ruang bawah atap atu loteng kebanyakan terletak pada posisi dinding yang miring. Ada beberapa tips desain untuk loteng, beberapa di antaranya adalah:

Menciptakan ruangan agar terlihat meriah

Biarkan atap tetap pada kondisi seperti apa adanya, selanjutnya anda dapat memberikan sedikit sentuhan aksen desain yang menarik. Kemiringan atap mampu menciptakan kesan ruang tersendiri. Kita hanya tinggal mengolah salah satu sudut atau dinding sebagai aksen, sehingga memperkuat kesan ruang dengan dinding miring tersebut.

Pengolahan salah satu sudut ruang bawah atap

Pengolahan salah satu sudut ruang bawah atap

Tentukan tema yang sesuai

Sekarang kita akan melangkah lebih jauh dengan memberikan tema ruang pada loteng rumah, dengan atap miring. Anda dapat memberikan tema seperti sebuah cottage yang nyaman atau suasana lain yang menurut anda menarik. Bisa juga anda mendesain atap dengan tema natura. Atap dengan galvalum atau balok kayu dapat  memberikan penampilan yang koheren pada ruang.

Desain ruangan agar terlihat elegan

Dengan memberi banyak lemari dan rak yang kemudian di isi dengan buku atau aksesoris. Hal ini dapat menciptakan ruangan lebih terlihat elegan, dan dapat menghemat sudut curam dinding miring serta membuat ruangan jauh lebih menarik.  Anda akan merasa lebih nyaman ketika membaca dalam kamar dengan langit-langit miring,  dan desain ini bisa meperkuat kesan ruang.

Ruang atap sebagai tempat baca yang elegan dan nyaman

Ruang atap sebagai tempat baca yang elegan dan nyaman

Berikan warna yang soft

Warna yang baik untuk ruangan bawah atap rumah adalah warna yang sederhana dan netral. Anda bahkan dapat mendesain ruangan tersebut  dengan menambahkan lukisan pada dinding kamar. Langit-langit miring  dapat membuat titik sudut yang menarik yang dapat disorot dengan menggunakan warna-warna cerah dan garis-garis sederhana.  Pilihan nada warna antara satu dengan yang lain harus memiliki warna yang senada, agar ruangan dapat terlihat mempesona.

Menambahkan tekstur

Menambahkan tekstur kayu juga dapat memiliki efek yang eksotis dan  memberikan kesan nyaman pada ruangan kecil dengan atap miring . Bagi anda yang mencari pilihan yang lebih menarik, Anda dapat menggunakan wallpaper atau lukisan dinding sebagai  alternatif yang kreatif.  Bahan apa yang anda pilih itu tidaklah terlalu masalah yang terpenting dapat mengantarkan tekstur kontras pada keseluruhan ruangan, atap yang miring selalu membutuhkan titik fokus yang berbeda.

Ruang atap dengan warna soft dan kuda-kuda kayu

Ruang atap dengan warna soft dan kuda-kuda kayu

Anda bisa terus mengeksplorasi dekorasi ruang dengan variasi seperti penggunaan tema atau warna. Jika dekorasi yang  dilakukan dengan cara yang benar maka ruangan dengan langit-langit miring bisa menjadi sangat nyaman, unik, elegan, dan mengesankan.

(Visited 1,280 times, 1 visits today)

Related Post

Menata Rumah Tinggal Tampil Elegan dan Homy
views 1.825
Menata Rumah Tinggal Tampil Elegan dan Homy - Setiap penghuni sudah tentu menginginkan tatanan hunian yang ele...
Mansion Gaya Mediterania Milik Kelsey Grammer
views 799
Mansion Gaya Mediterania Milik Kelsey Grammer - Masih di lingkungan rumah super mewah, Kelsey Grammer dilapork...
Desain Interior | Cozy dan Stylish Berkat Mix Inte...
views 269
Desain Interior | Cozy dan Stylish Berkat Mix Interior Style - Sebuah rumah yang nyaman tak harus memiliki des...
Tips Memasang Wallpaper Bagi Pemula
views 1.092
Tips Memasang Wallpaper Bagi Pemula - Untuk yang belum pernah memasang wallpaper, mungkin pekerjaan itu terlih...
Uniknya Desain Kamar Mandi Bernuansa Vintage
views 453
Uniknya Desain Kamar Mandi Bernuansa Vintage - Setiap pagi disaat kita memulai rutinitas pagi, kamar mandi mer...
Tagged with →  

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!