Uniknya Desain Rumah dari Material Bekas – Memanfaatkan material bekas untuk merenovasi rumah merupakan langkah tepat untuk menghemat pengeluaran sekaligus melestarikan lingkungan. Pasangan Shena Troia dan George Peake awalnya membeli sebuah rumah tua yang akan dihancurkan karena tak terawat. Rumah yang dibangun tahun 1850 itu dulunya merupakan sebuah guest house dari Masonic Lodge.

Sebelum direnovasi rumah tua ini kondisinya cukup memprihatinkan. Dindingnya penuh dengan tulisan graffiti. Atapnya tak terawat dan ditumbuhi rumput, kedua pintunya hilang dan penuh dengan semak belukar. George mengatakan bahwa kebanyakan orang takut untuk memasuki rumah ini dulunya karena rumah ini nampak akan roboh.

Namun George merasa rumah ini memiliki sejarah yang kental dan ia jatuh cinta saat melihat balkon yang mengelilingi rumah tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk membeli properti tua tersebut dan merenovasinya.

George sendiri bukan orang baru dalam renovasi rumah. Ia beberapa kali membeli rumah yang sudah rusak kemudian merenovasinya. Rumah hasil renovasi tersebut kebanyakan disewakan ke teman-temannya. Saat merenovasi rumah di New Orleans ini ia meminta bantuan temannya Albert Walsh yang memiliki passion sama terhadap rumah tua dengan nilai historis tinggi.

Uniknya Desain Rumah dari Material Bekas

Photo source: apartmentherapy.com

Renovasi rumah tua di New Orleans ini membutuhkan pengerjaan yang detail dan seksama karena hampir seluruh bagian rumah ini telah rusak. Bahkan para pekerja harus menambahkan fondasi baru, ventilasi udara dan mendesain ulang lay out rumah agar lebih nyaman untuk ditinggali.

Kecintaan George akan material bekas tertuang pada desain rumah-nya. Material bekas tersebut ia peroleh dari bangunan lama. Kabinet dapur, tangga, wastafel semuanya merupakan material bekas hasil bongkaran dari rumah lama. George mengatakan ia ingin memanfaatkan material bekas sebaik mungkin untuk melestarikan lingkungan. Selain itu dengan memanfaatkan material bekas hasil bongkaran dari bangunan lama membuatnya lebih menghargai nilai historis sebuah bangunan.

Uniknya Desain Rumah dari Material Bekas

Photo source: apartmentheraphy.com

Pasangan ini memang saling melengkapi. Shena yang memiliki toko barang bekas sering mengumpulkan barang bekas yang dibelinya di pasar loak. Hampir semua benda seni dan perabot yang ada dirumah itu merupakan hasil berburu barang bekas bertahun-tahun silam. Tak hanya itu Shena dan George juga memiliki kecintaan yang besar terhadap makanan dan mereka sering mengadakan jamuan makan untuk kerabat dekat dan sahabat.

Desain rumah merekapun disesuaikan dengan kecintaan mereka untuk jamuan makan. Dapurnya didesain dengan material kayu bekas dengan pintu geser lebar yang membuka kearah area makan outdoor. Area makan outdoor ini berlantai bata dan dilengkapi dengan alat barbekyu dan penampungan air hujan.

Rumah ini memiliki kamar tidur utama yang cukup luas dengan tempat tidur ukuran king size juga dari material bekas. Rumah ini menyatu dengan kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub dan shower. Area showernya cukup sederhana namun terlihat menawan. Wastafel pada kamar mandi terbuat dari kayu yang merupakan hasil buatan sendiri.

Uniknya Desain Rumah dari Material Bekas

Photo source: apartmentheraphy.com

Setelah renovasi desain rumah tua ini telah bertransformasi menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali namun tetap memiliki nilai historis tinggi. Material bekas yang dipakai untuk mengisi rumah membuat desain rumah menjadi lebih unik dan indah.

(Visited 573 times, 1 visits today)

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!