Victorian House Indahnya Arsitektur Abad Pertengahan РSebelum mengenal arsitektur pada zaman victoria maka sebaiknya anda mengenal bahwa zaman victoria adalah masa ketika Ratu Victoria memerintah Kerajaan Inggris Raya. Arsitektur masa victoria sendiri dimulai pada tahun 1837 sampai pada tahun 1901 Pada masa tersebut merupakan awal dibangunnya rel-rel kereta sebagai bagian dari transportasi dan juga proses manufaktur baru dimana beragam bahan bangunan begitu mudah dan tersedia di seluruh negeri.

Victorian House

Victorian House

Pada masa tersebut batu bata yang diproduksi secara masal menjadi pilihan dikarenakan harganya menjadi lebih murah dan tentunya tak memerlukan perawatan yang sulit. Untuk itu pertama kalinya di seluruh Inggris raya mulailah dibangun mansion-mansion, chapel, cottage, dan pabrik dengan menggunakan bahan bangunan yang sama.

Meskipun ketersediaan bahan bangunan baru ini tergolong cukup melimpah namun sayangnya masih banyak kelompok kelas pekerja di hampir seluruh wilayah masih tinggal di rumah-rumah kecil yang tak memadai hingga abad ke 20. Bahkan di kota orang-orang miskin masih tinggal di rumah sempit yang dikenal dengan istilah terraced house.

Villa gaya victoria sendiri muncul bersamaan dengan meningkatnya populasi kelas menengah atas yang bercirikan vila dengan teras dengan view taman dibelakang dan didepan serta sebuah kamar di loteng yang diperuntukkan untuk pelayan. Victorian House atau rumah gaya victoria sendiri dibangun di masa ketika banyak orang belum memiliki mobil. Pada kenyataannya saat zaman victoria berakhir barulah mobil pertama kalinya ditemukan.

Victorian House

Victorian House

Untuk itu rumah gaya victoria memang dibangun tanpa garasi dan memang tak ada tempat untuk menyimpan mobil. Rumah gaya victoria juga memiliki ciri khas cerobong asap dikarenakan mereka memang memiliki perapian di banyak ruangan. Pada saat itu perapian merupakan satu-satunya hal untuk membuat orang-orang yang tinggal didalamnya tetap hangat.

Adapun rumah gaya victoria memiliki ciri khas lainnya seperti bay window, teralis besi, kaca patri di pintu masuk serta jendela, tidak memiliki garasi serta semacam pola di tembok yang terbuat dari batu bata berwarna. Rumah gaya victoria ini memang terlihat anggun dan klasik walaupun tentunya lokasi serta iklim amatlah menentukan cocok atau tidaknya rumah tersebut diaplikasikan ke dalam arsitektur sebuah rumah tinggal.

Dalam mengaplikasikan rumah bergaya victoria ( victorian house ) ke rumah tinggal bukan perkara mudah. Desainnya yang unik namun cukup rumit memerlukan bantuan jasa arsitektur profesional untuk bisa menselaraskannya dengan keinginan pemilik rumah. Namun tentunya itu bukan hal yang tak mungkin asalkan anda berkonsultasi dengan arsitek handal yang mampu mewujudkan keinginan rumah idaman anda.

(Visited 2,875 times, 1 visits today)

Related Post

Mix Gaya Vintage dan Bohemian di Apartemen Studio
views 92
Mix Gaya Vintage dan Bohemian di Apartemen Studio - Tinggal di apartemen atau rumah mungil kini banyak menjadi...
Memaksimalkan Fungsi Sudut dan Lorong Dalam Rumah
views 1.108
Memaksimalkan Fungsi Sudut dan Lorong Dalam Rumah - Apakah anda menyadari jika seringkali sudut-sudut dan loro...
Langkah Praktis Menambah Storage di Kamar Tidur
views 242
Langkah Praktis Menambah Storage di Kamar Tidur - Tak ada seorangpun yang menginginkan ruangan yang berantakan...
5 Langkah Jitu Merawat Lantai Kayu
views 180
5 Langkah Jitu Merawat Lantai Kayu - Lantai kayu memang amat cocok dipasang pada rumah daerah tropis. Lantai k...
Suasana Liburan di Kamar Tidur Utama
views 265
Suasana Liburan di Kamar Tidur Utama - Kamar tidur utama merupakan sebuah tempat untuk relaksasi dan melepaska...

RUMAHUNI PERMATA PILAR

Architecture Consultant | Contractor | Exterior and Interior Design

error: Content is protected !!