Rumahuni.com – Menghadirkan suasana relaksasi pada hunian bisa dengan cara menghadirkan unsur air. Unsur air merupakan elemen penting yang bisa menimbulkan suasana tenang, nyaman serta meneduhkan pada sebuah kediaman. Salah satu pesona pada taman yang saat ini menjadi favorit banyak orang adalah waterwall.

Waterwall memiliki gerakan air yang merambat di permukaan dinding yang menjadi latarbelakang dan ini akan menjadikannya sebuah visualisasi yang indah. Memang bukan hal yang baru bahwa air merupakan elemen mutlak dalam sebuah taman. Waterwall menghadirkan pesona air yang selaras dengan hunian anda. Gerakannya yang eksotik memberikan tampilan visual yang sangat mempesona dan aliran air juga membuat ruangan terasa lebih hidup.

Hal yang membedakan waterwall dengan produk waterfeature lainnya adalah sistem pergerakan airnya. Sistem yang diterapkan pada waterwall ini adalah merambatkan air pada bidang di belakangnya. Bidang ini bisa berupa dinding bata atau yang disebut waterwall dan dinding kaca atau waterglass. Air harus merambat dan membasahi permukaan dinding yang ada.

Waterwall Elemen Taman Yang Menyejukkan

Elemen Taman Yang Menyejukkan

photo source: marckonys.com

Keindahan aliran air yang merambat pada permukaan dinding ini yang biasanya menjadi efek visual yang menjadi penghias ruangan. Hal yang menjadi keuntungan dalam memiliki waterwall dirumah anda adalah bahwa waterwall ini tidak memerlukan terlalu banyak ruang. Anda bisa menghadirkan pesona waterwall dirumah anda walaupun dengan lahan yang terbatas.

Tentunya ada tiga elemen utama yang membentuk sebuah waterwall yaitu dinding yang akan menjadi media rambatan, bak penampung yang melengkapi sistem pergerakan air yang ada dan pompa air yang mendorong pergerakan air. Saat memiliki waterwall dirumah anda harus menyediakan budget yang cukup untuk tagihan listrik anda. Ini dikarenakan waterwall menggunakan pompa air untuk menopang sistem pergerakan airnya.

Waterwall Elemen Taman Yang Menyejukkan

Elemen Taman Yang Menyejukkan

Ketika anda memutuskan untuk membuat waterwall dirumah anda sebaiknya berkonsultasi dengan desainer landscape untuk memperoleh hasil terbaik. Anda bisa meletakkan waterwall di ruang makan, teras ataupun halaman belakang. Bahkan anda juga bisa menempatkan waterwall di pojok dapur anda.

Untuk desain waterwall sendiri sebaiknya anda menyesuaikannya dengan gaya hunian anda secara keseluruhan. Anda bisa membuat waterwall bergaya minimalis, klasik ataupun futuristik. Selain itu tentunya anda harus menyiapkan anggaran untuk pembuatan waterwall yang bisa mencapai sekitar 8 juta rupiah untuk ukuran lebar 1m-1,5m.

Selain komponen utama pada waterwall ada juga komponen-komponen utama pada waterwall seperti halnya tanaman, lampu, dan juga ikan. Lampu amatlah penting dikarenakan memberikan efek dramatis pada malam hari. Waterwall akan terlihat cantik dan hidup dengan permainan cahaya lampu yang menyorotinya dari sudut yang tepat.

Jika anda ingin menempatkan hewan air anda harus memperhatikan kondisi bak dan air tempat hewan-hewan tersebut hidup. Anda harus memastikannya bebas dari bahan-bahan kimia. Anda bisa memilih ikan dan kura-kura untuk hewan air di waterwall anda. Selamat mencoba.

Tagged with →  

RUMAHUNI.COM

Architecture Consultant & General Contractor | Design Exterior and Interior