pemanfaatan ruang bawah atap, Ide pemanfaatan ruang bawah atap, Rumahuni Permata Pilar
RUMAHUNI PERMATA PILAR | Architecture & Interior Design.
Search:
Karawaci Office Park Blok Excelis No.17, Lippo Karawaci
Rumahuni Permata Pilar / Repair / Renovasi  / Atap  / Ide pemanfaatan ruang bawah atap
pemanfaatan ruang bawah atap, Ide pemanfaatan ruang bawah atap, Rumahuni Permata Pilar

Ide pemanfaatan ruang bawah atap

Ide pemanfaatan ruang bawah atap - Ruang di bawah atap atau yang disebut dengan loteng merupakan tempat yang paling potensial untuk menambah ruang di rumah Anda. Jika rumah Anda menggunakan model atap pelana, maka area bawah atapnya dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan ruang. Pemanfaatan loteng menjadi ruangan membuat Anda tidak perlu menambah bangunan baru yang membutuhkan banyak biaya. Baik secara vertikal maupun horizontal. Ruang bawah atap ini bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Misalnya, gudang, ruang kerja, ruang bersantai, kamar tidur, atau ruang bermain anak. Nah, berikut ini beberapa contoh pemanfaatan ruang bawah atap.

Ruang Kerja

Pemanfaatan loteng sebagai ruang kerja cocok bagi Anda yang sering membawa pekerjaan Anda ke rumah dan memerlukan konsentrasi yang tinggi ketika bekerja. Bentuk ruangannya bisa disesuaikan dengan bentuk atap. Misalnya, bentuk ruangnya memanjang karena menyesuaikan dengan atap pelana. Tempatnya di bawah atap, membuat anda bisa mendapatkan privasi yang anda butuhkan dengan baik.

pemanfaatan ruang bawah atap, Ide pemanfaatan ruang bawah atap, Rumahuni Permata Pilar

Ide pemanfaatan ruang bawah atap | Rangka kayu dengan ketinggian atap yang tepat

Tempat Bersantai

Selain ruang kerja, loteng juga bisa difungsikan sebagai ruang untuk bersantai. Anda cukup mengisinya dengan furniture yang tepat, sesuai dengan kebutuhan bersantai anda. Misalnya, dengan memberinya sofa tanpa rangka. Tidak adanya rangka pada sofa akan membuat ruang terlihat menjadi lebih luas. Bisa juga hanya menggunakan karpet saja sebagai pengganti sofa. Bisa juga diletakkan rak sebagai tempat buku, kelengkapan menyulam atau merajut, crafting, dan berbagai hal sesuai dengan hobi anda.

Kamar Tidur

Ada juga ruang yang bisa didesain di bawah atap selain ruang kerja dan ruang santai. Anda juga bisa memanfaatkan ruang bawah atap untuk ruang tidur. Supaya tidak menambah sempit ruangan, sebaiknya Anda hanya memakai kasur tanpa tempat tidur. Dengan tinggi ruang yang di bawah standar, tempat tidur akan membuat gerak Anda menjadi terbatas. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih furniture yang berbahan ringan supaya tidak memberi beban berlebihan pada struktur bangunan utama.

pemanfaatan ruang bawah atap, Ide pemanfaatan ruang bawah atap, Rumahuni Permata Pilar

Ide pemanfaatan ruang bawah atap | Salah satu ide penggunaan ruang bawah atap.

Area Bermain Anak

Anda juga bisa menyulap ruang bawah atap rumah anda sebagai area bermain bagi anak- anak. Hal yang diperlukan adalah meletakkan karpet, dengan rak atau kontainer yang berisi mainan. Untuk ruang ini anda perlu memperhatikan keamanan akses menuju ruang bawah atap. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keamanan akses ruangan tersebut menuu keluar. Jika anda meletakkan jendela sebagai ventilasi ruangan, sebaiknya dirancang dengan aman, sehingga anak-anak tidak bisa keluar melewati jendela tersebut.

pemanfaatan ruang bawah atap, Ide pemanfaatan ruang bawah atap, Rumahuni Permata Pilar

Ide pemanfaatan ruang bawah atap | Exhaust dan ventilasi ruang bawah atap

Loteng biasanya difungsikan sebagai gudang, keempat ruang di atas bisa memberi inspirasi lain bagi anda. Ada beberapa ruangan lagi yang bisa diletakkan di bawah atap. Jangan ragu untuk bereksplorasi, tetapi tetap harus diperhatikan keamanan ruang, karena ruang di bawah atap sebaiknya difungsikan untuk ruangan yang tidak memerlukan banyak furniture sehingga tidak memberatkan.

(Visited 1,474 times, 1 visits today)
error: Content is protected !!